ADA DARAH DI KPK

Kali ini para personil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak hanya mengurus kasus-kasus korupsi. Sejak Rabu pagi tadi (12/1/2011), mereka sibuk bergiliran mendonorkan darah secara sukarela di kantornya, di Jl. Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan. Diketahui, aksi donor darah ini merupakan kegiatan rutin KPK yang kerap dilaksanakan sejak Desember 2007.

“Aksi donor darah sukarela kali ini adalah yang ke-13 kali yang telah dilaksanakan atas kerjasama KPK dan PMI. Aksi ini melibatkan seluruh karyawan KPK untuk menyumbangkan darahnya. Semoga darah yang diberikan oleh pegawai KPK hari ini bebas dari korupsi,” tutur Ketua Umum KPK, Busyro Muqoddas dalam pidato sambutannya seraya bergurau saat aksi donor darah KPK di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu pagi (12/1/2011). 

Menyambut antusiasme para pedonor darah sukarela pagi itu, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla juga menyampaikan pentingnya berdonor darah bagi kesehatan dan hidup manusia.

“Manusia itu diciptakan dengan berbagai kelebihan. Dalam tubuhnya, terus menerus melakukan produksi darah. Darah jika didonorkan bisa membantu orang lain dan bagi mereka yang menerima bisa membantu mereka pulih kembali. Donor darah itu seperti arisan, hari ini kita menyumbang darah bagi orang lain yang membutuhkan, namun lain waktu mungkin malah kita sendiri atau bahkan keluarga kita yang membutuhkan,” himbaunya.

Terkait kebutuhan darah nasional, PMI berupaya untuk meningkatkan jumlah persediaan darah sebanyak 2 persen dari jumlah penduduk Indonesia, yaitu sekitar  4,5 Juta kantong darah per tahunnya. Tercatat, hingga kini PMI baru bisa mencukupi kebutuhan darah sebanyak 3 Juta kantong per tahun. Upaya ini masih butuh keterlibatan dan kepedulian masyarakat luas untuk menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup mereka.

Jusuf Kalla juga mengucapkan terima kasih kepada karyawan KPK yang telah melakukan aksi pedulinya dengan mendonorkan darah sukarela secara rutin. “Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, turut hadir jajaran Pengurus Pusat PMI Bidang Kesehatan dan Donor Darah, dr. Farid Husein dan dr. Linda Lukitari Waseso.*

(Dok. Foto Oleh Anggun Permana, Staf Biro Humas Markas Pusat PMI)

Untuk informasi  lebih lanjut dapat menghubungi : Linda Lukitari Waseso, Pengurus Pusat PMI Bidang Kampanye Donor Darah, Tel. 021-7992325 Ext. 502.

Tidak ada komentar: